Mengenai Saya

Foto saya
malang, jawatimur, Indonesia
bojo muring taktingal touring

Jumat, 31 Mei 2013

Honda Megapro PRIMUS vs Yamaha Byson… mei 31, 2013




 Judul ditas tidak bermaksud provokatif atau konyol.  Cuma  sekedar share rasa mengingat begitu banyak biker yang menanyakan perihal ini. Enak mana sih Byson dengan Megapro lawas?? (bukan NMP lho :lol: ). Lebih kencang mana sih larinya?? dsb. Mengingat dulu secara pribadi sudah pernah nyemplak siMegy hampir 8 tahun lamanya sebelum pindah keByson berikut impresi yang saya rasakan….
Setiap motor memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitupula dengan Byson dan Megapro lawas. Wah masak bandinginnya Megy lawas?? eittt…jangan meremehkan engine Kaizen mzbro. Soalnya terbukti memang bandel habis walau kita sering didera vibrasi berlebihan. Oke…daripada banyak khutbah, langsung sesion komparasi:
Desain :
Wah kalau ini bisa dibilang seperti langit dan bumi. Byson menang mutlak dibanding megy lawas. Mulai dari kaki-kaki, perangkat ban, suspensi depan, tanki gambot full kondom….tak diragukan gen FZ mengungguli Megy (bisa dilihat sendiri mzbro).
Fitur :
Sekali lagi Megy kudu nyerah. Walau engine sama-sama SOHC pendingin udara, tapi Byson sudah dibekali YRCS (Yamaha ram Cooling System)…sehingga sirkulasi udara kemesin lebih terarah. Speedometer digital juga menjadi nilai lebih sikebo. Cuma satu kelemahan produk Yamaha yaitu nihilnya SKS….
Sasis:
Secara tipe mereka berdua menganut tipe yang sama yaitu Diamond chasis. Tapi distribution-weight Byson lebih mumpuni. Bisa dirasakan manuver, kelincahan mengungguli Megy. Monggo dicoba zig-zag dengan kecepatan tinggi sekalipun sikebo nurut tanpa komplain. Hal ini juga tidak lepas dari sisi penghitungan geometri plus perangkat kaki-kaki Byson yang besar. Oh ya…satu lagi, pengendalian Byson ketika dibuat boncengan tidak menyiksa alias handling tetap enteng. Ini sangat berbeda dengan racikan motorsport Honda dimana handling langsung drop. Joki dibuat kedodoran jika bonceng seseorang. Apalagi kalau beban hingga 75kg lebih….wis dijamin kuda besi seperti susah dibelokkan dan kesan ambles kebelakang begitu terasa…
Engine :
Nah ini yang banyak ditanyakan oleh para pengunjung warung. Oke….sisi perfoma secara feeling, Byson menang dari tarikan bawah. Kendati ban gede segaban torsi begitu terasa terutama di3ribu hingga 6ribu rpm. Tapi jangan harap ketika rpm sudah menginjak 6500-keatas tendangan langsung drop….lambat untuk mencapai 9ribu. Khususnya pada gear 4 dan 5.Karakter ini berbanding terbalik dengan Megy. Karakter mesin Honda, mantep pada putaran atas. Walau ketika digas biasa Megy terkesan lemot…namun waktu gas dipuntir mentok, dan sedikit colek kopling, erangan engine Megy begitu mumpuni. Jadi jangan heran kalau mzbro dilampu hijau sering ditinggal motor-motor bebek tapi tidak ketika geber-geberan. Torque Byson yang besar ternyata juga menguntungkan pada kondisi jalan menanjak. Sangat terasa Byson lebih powerful dilintasan pegunungan……dengan kata lain tidak butuh bejek gas dalam. Sedangkan megy kudu mengail rpm tinggi guna menaklukkan jalanan yang menanjak. Kelebihan lain adalah vibrasi engine. Lewat Rocker roller arm, getaran mesin Byson termasuk sangat halus. Terus bagaimana dengan top speed?? ini yang susah sebab sudah rahasia umum kalibrasi speedo masing-masing terdapat perbedaan. Dan saya merasakan Speedo digital gen FZ ini memang mendekati akurat. Ketimbangan mungkin hanya berkisar 4km ketika dicompare dengan GPS. Sedang Megy….nggak tahu, soale belum pernah test. Tapi jika melihat topspeed dari speedo bawaan pabrikan….record terbaik Megy 130km/jam sedang Byson hanya 113km/jam…..
Yup itulah sekilas apa yang saya rasakan. Semua tergantung kebutuhan. Jika sampeyan suka geber-geberan, Byson sama sekali tidak cocok, so mending motorsport racikan Honda. Sebab kakakter mesin sikebo yang smooth dan cenderung jinak. Tapi jika dibuat touring atau perjalanan santai tidak diragukan, naik Byson pancen ueeennnaakkkk (lebay mode:on). So semua saya serahkan pada mzbro semua yang menilai. Jika ada yang kurang puas, monggo tinggalkan pertanyaan dikolom komentar. Semoga berguna……(iwb)

12 komentar:

  1. meggy ane topspeed cuma 105 km/j gan...
    kayaknya pemilik sebelumnya kurang pandai ngerawat si meggy
    dan ane akui, torsinya minta ampuuun, harus ditarik dalem-dalem

    kata pemilik meggy yang lain, kl mau putaran bawah kenceng, harus ganti noken as tiger (kurang tahu juga, soalnya belum berani modif dapur pacu gan, hehe)

    jadi pengen ngerasain sensasi si kebo nih, hehe

    BalasHapus
  2. klo gw bru beberapa minggu yg lalu pas meggy gw , gw isi pertamax tarikan gas mentok nyampe 125km/h gan. mungkin bisa naik lg gara2 jalan jelek jd ngeri...

    jadi pengin coba memacu si kebo lg topspeednya nyampe brp, heheheh

    BalasHapus
  3. gw megy 2009 lari nyampe 150km/h , pake premium n oli shell

    BalasHapus
  4. Untuk pengguna megy primus,,,sekedar share pengalaman,,aq pegang megy thn 2008,mesin rotasi ori,hanya saja per kopling aq ganti milik tiger dan CDI milik shogun 110(kebo),selain itu semua masih ori,bbm premium oli shell hx 5,speed bawah jg gk jlek2 bgt n speed atas nyampe 150,itu pn masih bisa naik pak,tp nyali aq yg gk sampe.hehehe,,semoga bisa membatu,,,trimakasih...

    BalasHapus
  5. mkin bnyak tau tntang megy nich mksh atas info nya

    Obat Jerawat

    BalasHapus
  6. Gan sekedar tanya cara tes keakuratan speedometer gimana??

    BalasHapus
  7. Kalau gue boss lebih suka mesin setandat karena sudah bawaan pabrik jadi lebih muantaaap 😘 karena jalanan ke desa gue waaaa naik turun maklum boss daerah pegunungan 20km perjalanan sudah melewati 6 jembatan, tapi masih tetep jooooosss (Mega pro primus 😘) cocok bangheet buat gue boss 👍

    BalasHapus
  8. Mau tanya para suhu..jika sock depan keras itu ..apa y pnyebab nya ayunan gak maksimal.mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  9. Mau tanya para suhu..jika sock depan keras itu ..apa y pnyebab nya ayunan gak maksimal.mohon pencerahannya.

    BalasHapus